Tuesday 5 March 2013

 sejarah FC. S.T PAULI

Berdiri: 1910
Alamat: Auf dem Heiligengeistfeld Germany
Telepon: +49 (0) 40 / 31 78 74 -21
Faksimile: +49 (0)40 / 31 78 74 -29
Surat Elektronik: info@fcstpauli.de
Laman Resmi: http://www.fcstpauli.de
Ketua: Stefan Orth
Stadion: Millerntor-Stadion
Sejarah Singkat
Fussball Club St. Pauli adalah klub sepakbola Jerman yang berbasis di St. Pauli, salah satu wilayah administratif di kota Hamburg. Selain sepakbola, klub ini juga menaungi cabang-cabang olahraga lainnya seperti bola tangan, tinju, catur, dan tenis meja.

Setelah terakhir kali tampil pada musim 2001/02, St. Pauli akhirnya kembali naik ke panggung terelite sepakbola Jerman, Bundesliga, di musim 2010/11 ini.

Meski hanya berstatus semenjana, klub yang didirikan pada tahun 1910 ini dikenal luas sebagai salah satu klub cult -- pelawan arus -- di Jerman karena kulturnya yang unik. St. Pauli merupakan klub Jerman pertama yang secara resmi melarang aktivitas politik berhaluan sayap kanan dalam stadionnya. Ini terjadi ketika holiganisme sepakbola yang terinspirasi gerakan fasis mengancam keamanan pertandingan sepakbola di seluruh Eropa.

Selain itu, fans klub yang bermarkas di Stadion Millerntor ini juga menggunakan simbol bajak laut sebagai lambang tak resmi mereka. Hal ini sekaligus menjadi ekspresi simbolis dari filosofi klub dan fansnya yang cenderung pemberontak -- terhadap rasisme dan fasisme -- serta agresif.
                                         

No comments:

Post a Comment